DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta denger dong merk yang pertama... karna anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain rupa yang diproduksi menggunakan pola die-casting, yg berarti melalui prosedur pelelehan metal dgn kata lain logam untuk kemudian dituang serta dicetak bertimbal dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan
Bahan
Metal yang diperlukan biasanya yakni zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam atau pot metal. Mainan yg jamak menggunakan teknik die casting lazimnya yaitu mainan model dgn ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun dpt dirancang dengan langkah ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlampau perduli dengan istilahnya, karena mereka mampu seperti keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pd design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak peduli kalo miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dengan kata lain enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), namun mendapatkan price ekonomi yang sangat bagus jika kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh pelengkap penghasilan dari menekuni usaha versi mini ini. Malahan banyak yg sanggup menghidupi keluarganya murni sekadar dari karier diecast ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, hingga dgn terlibat beserta menjalani jual-beli, peredaran uang di pencaharian mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi positif jual beli maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs diecast yg dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini bisa menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan
Harga
Price juga amat bervariasi dan menjurus berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika desain diecast tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia senang yang satu ini. Namun buat orang serupa saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai modeling sanggup menjelma amat menguntungkan. Utk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak usah mengaduhkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari sekadar hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, pengen menekuninya, semacam saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bangkingan

LihatTutupKomentar