DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat bangunan atau supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias desain yang diproduksi memakekan teknik die-casting, yang bermakna memakai cara pelelehan metal dengan kata lain metal bagi lantas dituang bersama dicetak serasi dgn model yang diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya
Bahan
Metal yg dipegunakan umumnya ialah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang regular menggunakan teknik die casting umumnya yakni mainan design dengan size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun dpt dirancang dengan arahan ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlalu perduli dgn istilahnya, sebab mereka bisa seperti keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak peduli kalau miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tidak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi memperoleh value ekonomi yang amat bagus kalau kita dpt jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan extra gaji dari menekuni pencaharian modeling ini. Bahkan banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni semata-mata dari profesi versi mini ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta mengerjakan jual-beli, peredaran uang di pekerjaan mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing hari ada ratusan transaksi baik jual membeli ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs diecast yg dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini bisa mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya
Harga
Price juga amat bervariasi & condong menjelma tinggi, bahkan amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau tipe modeling tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia suka yg satu ini. Namun buat orang seperti saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai modeling dpt menjadi amat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak pake mengganggu kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuman minat kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, serupa saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya

DIECAST MINIATUR MOBIL Barata Jaya

LihatTutupKomentar