DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta denger dong merk yg pertama... karna anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau model yg diproduksi memakekan cara die-casting, yang bermakna memakai proses pelelehan logam dengan kata lain metal utk selanjutnya dituang & dicetak bertimbal dgn model yg diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara
Bahan
Logam yang dipegunakan umumnya ialah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yang umum menerapkan tips-tips die casting lazimnya ialah mainan rupa dengan ukuran perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun bisa dirancang dengan cara ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dengan istilahnya, sebab mereka dpt serupa keracunan / addicted k'lo udah tersandung cinta pada desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern k'lo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tetapi memiliki harga ekonomi yang amat bagus jika kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan lebih income dari menekuni bisnis modeling ini. Lebih-Lebih byk yg mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari profesi modeling ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat dan melakukan jual-beli, aliran uang di pekerjaan mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli positif jual pesan maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs versi mini yang dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara
Harga
Nilai juga sangat bervariasi dengan mengarah menjelma tinggi, sampai-sampai sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila jenis modeling tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia suka yang satu ini. Tapi buat orang semacam saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai versi mini dpt menjadi amat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah menghalangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuma demen kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, serupa penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

LihatTutupKomentar