DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta denger dong merk yang pertama... karena anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat properti atau supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau model yg diproduksi memakekan petunjuk die-casting, yg berarti menggunakan teknik pelelehan metal atau logam bakal setelah itu dituang & dicetak pantas dengan rupa yg diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara
Bahan
Metal yang dipakai umumnya merupakan zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yg standar memakaikan tata cara die casting kebanyakan yaitu mainan rupa dengan skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sebetulnya apapun dpt dirancang dengan tata cara ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak sangat perduli dengan istilahnya, krn mereka dpt serupa keracunan / addicted k'lo sudah terjerembab cinta pd design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak peduli k'lo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain tak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan nama untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), namun memiliki nilai ekonomi yang amat bagus kalau kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan lbh salary dari menekuni karier miniatur ini. Sampai-Sampai banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni hyn dari pekerjaan versi mini ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat beserta menjalani jual-beli, pertukaran uang di bisnis mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli positif jual berbelanja maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs modeling yg dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini dapat menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara
Harga
Price juga sangat bermacam-macam dan berat menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan utk hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila desain diecast tertentu sedang naik daun dengan menjelma incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kegemaran yg satu ini. Tetapi utk orang serupa saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling dpt menjadi sangat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun minus mengusik kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuma kesukaan kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, mau memulainya, mau menekuninya, seperti penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Barito Utara

LihatTutupKomentar