DIECAST MINIATUR MOBIL Belu

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yang pertama... karna anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat properti dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias jenis yg diproduksi memakekan proses die-casting, yg bermakna lewat sistem pelelehan metal alias logam bagi lalu dituang dan dicetak pantas dengan model yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu
Bahan
Logam yg dipegunakan kebanyakan adalah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg normal menerapkan sistem die casting rata-rata adalah mainan desain dgn ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun mampu diurus dgn tips-tips ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak kelewat perduli dengan istilahnya, karna mereka bisa seperti keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pada rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak concern bila miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias tidak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yang amat bagus k'lo kita dpt jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt memperoleh tambahan pendapatan dari menekuni penghidupan modeling ini. Bahkan byk yg dpt menghidupi keluarganya murni cuma dari usaha modeling ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu hobi mainan ini, sampai dengan terlibat dan melakukan jual-beli, perpindahan uang di pencaharian mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual pesan maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs miniatur yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini sanggup mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu
Harga
Value juga amat bermacam-macam bersama menjurus menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo design miniatur tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia gemar yg satu ini. Namun bakal orang seperti saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai miniatur mampu menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengganggu kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai atau dari semata-mata doyan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan manual apa kita mau menyikapinya, ingin memulainya, pengen menekuninya, sebagaimana saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu

DIECAST MINIATUR MOBIL Belu

LihatTutupKomentar