DIECAST MINIATUR MOBIL Bondowoso

DIECAST MINIATUR MOBIL Bondowoso

DIECAST MINIATUR MOBIL Bondowoso
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain model yg diproduksi memakekan cara die-casting, yang bermakna lewat proses pelelehan metal dengan kata lain logam buat kemudian dituang bersama dicetak serasi dengan model yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bondowoso
Bahan
Metal yg digunakan lazimnya ialah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang lazim memakekan pola die casting rata-rata merupakan mainan rupa dengan ukuran umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun dapat diurus dengan prosedur ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak berlebihan perduli dengan istilahnya, karena mereka bisa serupa keracunan / addicted jika sudah terjerembab cinta pada rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak concern bila diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias tak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan nama bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tetapi mempunyai harga ekonomi yg sangat bagus kalau kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan ekstra penghasilan dari menekuni usaha diecast ini. Bahkan banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni cuma dari pekerjaan versi mini ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat dengan melakukan jual-beli, peredaran uang di penghidupan mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan transaksi baik jual beli ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bondowoso

DIECAST MINIATUR MOBIL Bondowoso

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs modeling yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini mampu menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bondowoso
Harga
Nilai juga sangat beragam serta condong menjadi tinggi, terlebih amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo model diecast tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bondowoso
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia kegemaran yang satu ini. Tetapi bakal orang seperti saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai diecast bisa menjadi amat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu merecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari semata-mata hobi kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, seperti penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bondowoso

DIECAST MINIATUR MOBIL Bondowoso

DIECAST MINIATUR MOBIL Bondowoso

LihatTutupKomentar