DIECAST MINIATUR MOBIL Bula

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau bersama dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat permukiman atau supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau desain yang diproduksi memakaikan petunjuk die-casting, yg berarti lewat metode pelelehan logam dgn kata lain metal untuk lantas dituang beserta dicetak sebati dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula
Bahan
Logam yang dipegunakan umumnya merupakan zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal alias pot metal. Mainan yang lumrah menerapkan cara die casting lazimnya merupakan mainan desain dengan ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun sanggup diciptakan dengan petunjuk ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak banget perduli dgn istilahnya, karena mereka sanggup serupa keracunan / addicted kalau sudah terjerembab cinta pada model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak concern k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 alias lebih), tetapi mempunyai nilai ekonomi yg amat bagus kalo kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan komplemen penghasilan dari menekuni bisnis versi mini ini. Malahan byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cukup dari usaha miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat serta memperbuat jual-beli, pergantian uang di penghidupan mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi bagus jual pesan ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs versi mini yang dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini mampu mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa serta berat menjadi tinggi, malahan amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo jenis versi mini tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia demen yang satu ini. Namun buat orang seperti saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai diecast dapat berubah sangat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengganggu kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuman demen kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, serupa saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula

DIECAST MINIATUR MOBIL Bula

LihatTutupKomentar