DIECAST MINIATUR MOBIL Bulungan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulungan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulungan
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan denger dong merk yang pertama... krn anak2 pria selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat bangunan dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain design yg diproduksi memakaikan manual die-casting, yang bermakna lewat teknik pelelehan logam alias logam buat lalu dituang & dicetak pantas dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulungan
Bahan
Metal yg dipakai lazimnya adalah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yg regular menggunakan strategi die casting umumnya merupakan mainan model dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun dapat diurus dgn tips ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak berlebihan perduli dengan istilahnya, sebab mereka dapat seperti keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pd jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak concern bila miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain tidak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi memperoleh value ekonomi yang sangat bagus k'lo kita sanggup jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh lbh penghasilan dari menekuni pekerjaan diecast ini. Sampai-Sampai byk yang mampu menghidupi keluarganya murni hanya dari pekerjaan diecast ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat serta menjalani jual-beli, aliran uang di karier mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 jam ada ratusan jual/beli positif jual belanja maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulungan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulungan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs versi mini yg dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini bisa menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulungan
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam & cenderung menjadi tinggi, malahan sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo tipe versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulungan
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia gemar yang satu ini. Namun bakal orang seperti saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai diecast dapat menjelma amat menguntungkan. Utk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengaduhkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuma demen kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, serupa penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulungan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulungan

DIECAST MINIATUR MOBIL Bulungan

LihatTutupKomentar