DIECAST MINIATUR MOBIL Ende

DIECAST MINIATUR MOBIL Ende

DIECAST MINIATUR MOBIL Ende
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan dengar dong merk yang pertama... krn anak2 cowok selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain desain yang diproduksi memakekan cara die-casting, yg bermakna melalui sistem pelelehan metal alias metal untuk lantas dituang beserta dicetak bertimbal dengan model yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ende
Bahan
Metal yang dipake biasanya ialah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yg jamak menerapkan teknik die casting kebanyakan yakni mainan model dengan ukuran misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun dapat diciptakan dgn manual ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlampau perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt semacam keracunan / addicted kalo udah jatuh cinta pada rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak peduli kalau versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain nggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi mendapatkan nilai ekonomi yang sangat bagus kalo kita mampu jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menerima ekstra nafkah dari menekuni bisnis versi mini ini. Malahan banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni hyn dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat bersama melaksanakan jual-beli, peredaran uang di penghidupan mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli positif jual berbelanja maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ende

DIECAST MINIATUR MOBIL Ende

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs versi mini yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini dapat mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ende
Harga
Value juga amat beragam dan mengarah menjelma tinggi, lebih-lebih sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo model modeling tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ende
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia kesenangan yg 1 ini. Tapi bakal orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai miniatur sanggup menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah merintangi kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari semata-mata kegemaran kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, seperti penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ende

DIECAST MINIATUR MOBIL Ende

DIECAST MINIATUR MOBIL Ende

LihatTutupKomentar