DIECAST MINIATUR MOBIL Gowa

DIECAST MINIATUR MOBIL Gowa

DIECAST MINIATUR MOBIL Gowa
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama denger dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau desain yg diproduksi memakekan arahan die-casting, yg bermakna memakai cara pelelehan logam dengan kata lain metal untuk selanjutnya dituang serta dicetak sesuai dengan rupa yg diinginkan. Die-cast logam diurus dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gowa
Bahan
Metal yang dipakai umumnya adalah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal atau pot metal. Mainan yg standar memakekan cara die casting umumnya merupakan mainan rupa dgn ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun dapat dibuat dengan bimbingan ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlalu perduli dengan istilahnya, karena mereka dpt seperti keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pd rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak concern jika diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias tidak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), namun mempunyai price ekonomi yang sangat bagus jika kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima extra nafkah dari menekuni pencaharian miniatur ini. Terlebih byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni cukup dari bisnis miniatur ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi hobi mainan ini, sampai dengan terlibat bersama menjalani jual-beli, pergantian uang di pekerjaan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi baik jual membeli ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gowa

DIECAST MINIATUR MOBIL Gowa

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini mampu menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gowa
Harga
Price juga amat beragam dan menjurus menjelma tinggi, bahkan sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo desain miniatur tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gowa
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia kesukaan yg satu ini. Tapi utk orang serupa saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai diecast dapat menjadi sangat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak pake mengaduhkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai alias dari semata-mata doyan kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, serupa saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gowa

DIECAST MINIATUR MOBIL Gowa

DIECAST MINIATUR MOBIL Gowa

LihatTutupKomentar