DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 pria selalu merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat hunian alias supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain desain yang diproduksi memakekan aturan die-casting, yg bermakna menggunakan teknik pelelehan metal atau logam bagi selanjutnya dituang dengan dicetak serasi dengan model yang diinginkan. Die-cast metal diproses dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih
Bahan
Metal yg diperlukan kebanyakan yaitu zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang lumrah memakaikan langkah die casting biasanya adalah mainan tipe dgn ukuran umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun sanggup diciptakan dgn teknik ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak banget perduli dengan istilahnya, krn mereka bisa semacam keracunan / addicted bila sudah jatuh cinta pd tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak peduli kalau diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias enggak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), namun memiliki nilai ekonomi yang sangat bagus bila kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh pelengkap penghidupan dari menekuni usaha modeling ini. Lebih-Lebih banyak yang dpt menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan saya merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat & melakukan jual-beli, perpindahan uang di pencaharian mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi bagus jual membeli ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yg dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini sanggup sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih
Harga
Harga juga amat bermacam-macam dengan berat berubah tinggi, malahan amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo model modeling tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia suka yg 1 ini. Tetapi bakal orang seperti saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai modeling sanggup berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu menggerecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari sekadar gemar kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih

DIECAST MINIATUR MOBIL Gundih

LihatTutupKomentar