DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan denger dong merk yang pertama... karena anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat bangunan dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain model yg diproduksi menggunakan tata cara die-casting, yang berarti melalui teknik pelelehan metal dgn kata lain metal buat kemudian dituang bersama dicetak serasi dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam diurus dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur
Bahan
Logam yang dipegunakan umumnya yakni zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg lazim memakekan aneka tips die casting umumnya merupakan mainan desain dgn ukuran perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun dpt diciptakan dgn teknik ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak banget perduli dgn istilahnya, sebab mereka sanggup sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pada design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak concern kalo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dengan kata lain enggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memperoleh value ekonomi yg sangat bagus jika kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh ekstra income dari menekuni karier miniatur ini. Malahan banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni cuma dari karier modeling ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat serta melaksanakan jual-beli, perputaran uang di pekerjaan mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi positive jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs miniatur yang dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini bisa sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur
Harga
Value juga amat bervariasi bersama condong menjadi tinggi, terlebih sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila rupa diecast tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia gemar yg 1 ini. Namun bakal orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai versi mini mampu menjelma amat menguntungkan. Utk item tertentu dapat kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa mengganggu kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn gemar kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Timur

LihatTutupKomentar