DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Utara
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau model yang diproduksi menggunakan tips die-casting, yang berarti memakai teknik pelelehan metal dgn kata lain logam bagi kemudian dituang dengan dicetak bertimbal dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Utara
Bahan
Logam yg diperlukan biasanya adalah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg lumrah menerapkan strategi die casting lazimnya yaitu mainan design dengan size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun bisa diproduksi dgn tips-tips ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dgn istilahnya, karena mereka sanggup serupa keracunan / addicted kalau sudah terjerembab cinta pd rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak care bila modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan istilah untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), namun mendapatkan nilai ekonomi yang sangat bagus kalo kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan pelengkap pendapatan dari menekuni karier versi mini ini. Sampai-Sampai byk yang dapat menghidupi keluarganya murni hyn dari usaha diecast ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat & melaksanakan jual-beli, pergantian uang di profesi mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi bagus jual beli maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Utara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs diecast yang dilelang, aliran uang yang terjadi di sini mampu mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Utara
Harga
Price juga sangat bervariasi dan cenderung berubah tinggi, lebih-lebih amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila desain miniatur tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Utara
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kesenangan yang 1 ini. Tetapi bagi orang serupa saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai versi mini bisa berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tidak perlu merecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kans dari hal-hal yang kita sukai atau dari sekadar kegemaran kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan teknik apa kita ingin menyikapinya, pengen memulainya, pengen menekuninya, serupa saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Halmahera Utara

LihatTutupKomentar