DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & denger dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat gedung dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan atau jenis yg diproduksi memakaikan bimbingan die-casting, yang berarti menggunakan prosedur pelelehan logam alias logam buat lantas dituang & dicetak sesuai dengan bentuk yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu
Bahan
Metal yang dipakai biasanya adalah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang standar menerapkan sistem die casting lazimnya merupakan mainan tipe dengan size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun dapat diciptakan dgn tips-tips ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak sangat perduli dengan istilahnya, karena mereka bisa serupa keracunan / addicted kalau udah jatuh cinta pd design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak peduli kalau diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain tak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), namun memiliki nilai ekonomi yg sangat bagus jika kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima lbh nafkah dari menekuni profesi modeling ini. Lebih-Lebih banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari pekerjaan versi mini ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, hingga dgn terlibat serta melakukan jual-beli, perputaran uang di pencaharian mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli positif jual belanja maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs modeling yang dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini bisa sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa bersama miring menjelma tinggi, malahan amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan utk hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo jenis modeling tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia suka yang 1 ini. Tetapi bakal orang serupa saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai diecast dapat berubah sangat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengganggu kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari hanya minat kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu

DIECAST MINIATUR MOBIL Indramayu

LihatTutupKomentar