DIECAST MINIATUR MOBIL Karo

DIECAST MINIATUR MOBIL Karo

DIECAST MINIATUR MOBIL Karo
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan dengar dong merk yg pertama... karna anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias design yg diproduksi memakaikan pola die-casting, yang bermakna lewat metode pelelehan metal alias metal bakal lalu dituang bersama dicetak pantas dengan model yg diinginkan. Die-cast logam diurus dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karo
Bahan
Logam yang dipake kebanyakan yakni zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yg jamak menerapkan teknik die casting kebanyakan merupakan mainan design dgn size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sesungguhnya apapun dapat diproses dengan tips ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak sangat perduli dgn istilahnya, karna mereka sanggup semacam keracunan / addicted bila sudah tersandung cinta pada tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak concern k'lo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tidak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), namun mempunyai value ekonomi yang amat bagus k'lo kita bisa jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima komplemen penghidupan dari menekuni pencaharian modeling ini. Bahkan byk yang mampu menghidupi keluarganya murni cuma dari karier miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat bersama memperbuat jual-beli, liquiditas uang di profesi mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli positive jual pesan maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karo

DIECAST MINIATUR MOBIL Karo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs miniatur yg dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini sanggup mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karo
Harga
Price juga amat berupa-rupa dengan menjurus menjelma tinggi, malahan sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila rupa diecast tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karo
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia demen yg satu ini. Namun bakal orang semacam saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai diecast dapat berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak pake memprovokasi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai alias dari hyn kesenangan kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, seperti saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Karo

DIECAST MINIATUR MOBIL Karo

DIECAST MINIATUR MOBIL Karo

LihatTutupKomentar