DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan denger dong merk yg pertama... karna anak2 cowo selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat rumah alias supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau rupa yang diproduksi menggunakan langkah die-casting, yg bermakna memakai sistem pelelehan logam dengan kata lain metal buat sesudahnya dituang dengan dicetak bertimbal dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Bahan
Metal yg dipake umumnya yaitu zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang jamak menerapkan program die casting lazimnya yaitu mainan design dgn size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebetulnya apapun mampu diproduksi dengan petunjuk ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak sangat perduli dgn istilahnya, karena mereka mampu seperti keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pd tipe tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak care k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain enggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah nama untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi mempunyai price ekonomi yang amat bagus bila kita sanggup jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh ekstra mata pencaharian dari menekuni usaha versi mini ini. Malahan byk yg mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari bisnis diecast ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat & memperbuat jual-beli, peredaran uang di profesi mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan jual/beli bagus jual membeli ataupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs versi mini yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini bisa sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Harga
Value juga sangat bermacam-macam beserta cenderung berubah tinggi, terlebih amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo model miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia demen yg 1 ini. Tapi bakal orang seperti saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini dapat menjelma sangat menguntungkan. Utk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu menghalangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai alias dari sekadar minat kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, serupa penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

LihatTutupKomentar