DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan dengar dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat kediaman atau supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias desain yang diproduksi memakaikan arahan die-casting, yg bermakna menggunakan metode pelelehan logam atau metal buat selanjutnya dituang dan dicetak setakar dengan rupa yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Bahan
Metal yg digunakan rata-rata yaitu zamak (mazak) yang ialah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg regular menggunakan manual die casting rata-rata merupakan mainan design dgn ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun sanggup dirancang dgn pola ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dengan istilahnya, karena mereka bisa semacam keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pada rupa tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak peduli jika versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain tak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tapi mendapatkan harga ekonomi yang sangat bagus bila kita dapat jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan extra income dari menekuni profesi versi mini ini. Lebih-Lebih byk yg dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat dengan memperbuat jual-beli, perputaran uang di karier mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual beli ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs diecast yg dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini bisa mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Harga
Nilai juga sangat bervariasi dengan condong menjadi tinggi, bahkan amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika rupa diecast tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia suka yang 1 ini. Tetapi bagi orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, hobi ini, mencintai versi mini bisa menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu menghalangi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai atau dari sekadar senang kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, semacam saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

LihatTutupKomentar