DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama dengar dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau jenis yang diproduksi menggunakan panduan die-casting, yang berarti melalui prosedur pelelehan logam dgn kata lain logam bagi sesudahnya dituang dan dicetak sesuai dgn jenis yang diinginkan. Die-cast metal diproses dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Bahan
Metal yang dipegunakan rata-rata ialah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang jamak menggunakan tutorial die casting umumnya ialah mainan desain dgn size umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun bisa dirancang dgn tata cara ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak amat perduli dengan istilahnya, karena mereka bisa seperti keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pd tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak concern k'lo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias nggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), namun mendapatkan price ekonomi yang sangat bagus k'lo kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan pelengkap gaji dari menekuni karier miniatur ini. Terlebih banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni hyn dari bisnis modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa hobi mainan ini, sampai dgn terlibat beserta melakukan jual-beli, rotasi uang di karier mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi baik jual beli maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs modeling yg dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini dapat mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Harga
Price juga amat beragam beserta mengarah menjadi tinggi, terlebih amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo desain diecast tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia minat yang 1 ini. Namun bakal orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai miniatur dpt menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak usah menggerecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai alias dari cuma kesukaan kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

DIECAST MINIATUR MOBIL Kendal

LihatTutupKomentar