DIECAST MINIATUR MOBIL Keputih

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputih

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputih
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama mendegar dong merk yg pertama... krn anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau design yang diproduksi menggunakan tata cara die-casting, yg bermakna lewat metode pelelehan metal atau metal bakal lantas dituang serta dicetak setakar dgn bentuk yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputih
Bahan
Logam yang dipegunakan lazimnya ialah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yang umum menerapkan cara die casting umumnya adalah mainan design dgn skala contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun dpt diproduksi dengan aneka tips ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlalu perduli dgn istilahnya, karena mereka dpt seperti keracunan / addicted k'lo udah tersandung cinta pd rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak peduli jika versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain nggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memperoleh price ekonomi yang sangat bagus bila kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh tambahan nafkah dari menekuni bisnis diecast ini. Sampai-Sampai banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni hyn dari karier miniatur ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat dan mengerjakan jual-beli, sirkulasi uang di penghidupan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli bagus jual beli maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputih

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputih

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs miniatur yg dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini dpt menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputih
Harga
Value juga sangat beragam dengan menjurus menjelma tinggi, lebih-lebih amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau tipe versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputih
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia minat yang 1 ini. Tapi bakal orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai miniatur dpt menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengaduhkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai atau dari semata-mata senang kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, semacam saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputih

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputih

DIECAST MINIATUR MOBIL Keputih

LihatTutupKomentar