DIECAST MINIATUR MOBIL Kerinci

DIECAST MINIATUR MOBIL Kerinci

DIECAST MINIATUR MOBIL Kerinci
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 pria selalu merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan alias model yg diproduksi memakekan arahan die-casting, yg bermakna memakai teknik pelelehan metal dengan kata lain logam bakal selanjutnya dituang bersama dicetak pantas dengan rupa yg diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kerinci
Bahan
Logam yg diperlukan biasanya yaitu zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yang umum menggunakan teknik die casting biasanya merupakan mainan model dengan size misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun dapat diproduksi dengan kaidah ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, sebab mereka mampu serupa keracunan / addicted k'lo udah tersandung cinta pd design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tidak care jika versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias enggak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tetapi memiliki price ekonomi yg sangat bagus kalau kita dpt jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan komplemen gaji dari menekuni pencaharian versi mini ini. Sampai-Sampai byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari bisnis modeling ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat serta menjalankan jual-beli, sirkulasi uang di profesi mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual beli ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kerinci

DIECAST MINIATUR MOBIL Kerinci

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs miniatur yang dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini bisa mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kerinci
Harga
Harga juga amat berupa-rupa dan menjurus menjelma tinggi, lebih-lebih amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika design diecast tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kerinci
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia minat yg 1 ini. Tapi bakal orang serupa saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai diecast sanggup berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa merongrong kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya byk peluang dari hal-hal yg kita sukai atau dari semata-mata suka kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kerinci

DIECAST MINIATUR MOBIL Kerinci

DIECAST MINIATUR MOBIL Kerinci

LihatTutupKomentar