DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau bersama dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal alias supermarket-supermarket gede di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dengan kata lain tipe yang diproduksi menggunakan tips die-casting, yg berarti memakai operasi pelelehan metal dgn kata lain logam buat selanjutnya dituang serta dicetak bertimbal dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran
Bahan
Logam yg diperlukan rata-rata yaitu zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam atau pot metal. Mainan yang biasa memakaikan bimbingan die casting rata-rata merupakan mainan design dgn ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun dapat dirancang dgn metode ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlalu perduli dengan istilahnya, sebab mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted jika udah terjerembab cinta pd rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak care bila diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain enggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memperoleh value ekonomi yang amat bagus kalo kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan komplemen gaji dari menekuni bisnis miniatur ini. Malahan banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni hanya dari pekerjaan diecast ini.

Kebetulan saya adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat serta melakukan jual-beli, pergantian uang di profesi mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs miniatur yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini bisa sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran
Harga
Value juga amat bervariasi dengan cenderung menjadi tinggi, sampai-sampai sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan utk hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika tipe modeling tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia kesukaan yg 1 ini. Tapi buat orang semacam saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling sanggup berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu merintangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai alias dari cuma demen kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, seperti saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran

DIECAST MINIATUR MOBIL Kisaran

LihatTutupKomentar