DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau jenis yang diproduksi memakekan tutorial die-casting, yang bermakna memakai operasi pelelehan metal atau logam bakal lalu dituang bersama dicetak setakar dgn jenis yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten
Bahan
Logam yg dipake kebanyakan adalah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yang umum menerapkan proses die casting kebanyakan yaitu mainan design dgn size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun bisa diproses dgn tutorial ini.

Di atas merupakan terma ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlalu perduli dgn istilahnya, karena mereka dapat semacam keracunan / addicted bila sudah tersandung cinta pd desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tak peduli jika versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias enggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan nama buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), namun memperoleh harga ekonomi yg amat bagus k'lo kita dapat jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan komplemen penghasilan dari menekuni pekerjaan diecast ini. Lebih-Lebih byk yang sanggup menghidupi keluarganya murni semata-mata dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat bersama melakukan jual-beli, perpindahan uang di usaha mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan transaksi bagus jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs diecast yg dilelang, aliran uang yang terjadi di sini dpt mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten
Harga
Nilai juga amat beragam bersama miring berubah tinggi, terlebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila tipe modeling tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia kegemaran yang 1 ini. Tapi bakal orang serupa saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai miniatur dpt menjelma amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak pake mengusik kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai alias dari sekadar hobi kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita kepingin menyikapinya, pengen memulainya, mau menekuninya, sebagaimana penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

DIECAST MINIATUR MOBIL Klaten

LihatTutupKomentar