DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Selatan
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dengan denger dong merk yg pertama... sebab anak2 pria selalu merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat properti atau supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain model yg diproduksi memakekan kaidah die-casting, yg berarti menggunakan operasi pelelehan metal alias metal buat setelah itu dituang bersama dicetak serasi dgn jenis yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Selatan
Bahan
Logam yang digunakan lazimnya yakni zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam alias pot metal. Mainan yang lazim memakaikan teknik die casting lazimnya ialah mainan rupa dengan ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun dapat diciptakan dgn sistem ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlampau perduli dgn istilahnya, karena mereka bisa seperti keracunan / addicted jika sudah jatuh cinta pada rupa tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak care bila diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain tak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tapi mempunyai nilai ekonomi yang sangat bagus jika kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menemukan pelengkap income dari menekuni penghidupan miniatur ini. Bahkan banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari bisnis diecast ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi hobi mainan ini, sampai dgn terlibat serta mengerjakan jual-beli, sirkulasi uang di profesi mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi bagus jual membeli maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Selatan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs diecast yang dilelang, aliran uang yg terjadi di sini dapat mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya dpt wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Selatan
Harga
Value juga amat bermacam-macam & menjurus berubah tinggi, bahkan amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai versi mini gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun jika desain modeling tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Selatan
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia demen yang 1 ini. Tetapi bagi orang semacam saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai modeling dapat berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu dpt kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak usah merongrong kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai atau dari hanya senang kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, seperti saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Selatan

DIECAST MINIATUR MOBIL Konawe Selatan

LihatTutupKomentar