DIECAST MINIATUR MOBIL Kraksaan

DIECAST MINIATUR MOBIL Kraksaan

DIECAST MINIATUR MOBIL Kraksaan
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau serta mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat bangunan dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dgn kata lain tipe yg diproduksi menerapkan tips die-casting, yang bermakna memakai proses pelelehan metal dengan kata lain logam utk setelah itu dituang serta dicetak serasi dengan model yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kraksaan
Bahan
Metal yg dipakai lazimnya yaitu zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang jamak memakekan cara die casting biasanya merupakan mainan tipe dgn ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun mampu dibuat dgn tips-tips ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlalu perduli dengan istilahnya, karena mereka dpt seperti keracunan / addicted k'lo sudah tersandung cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak concern bila diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias enggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki harga ekonomi yg amat bagus bila kita dapat jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan lebih penghidupan dari menekuni karier modeling ini. Terlebih banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni cukup dari usaha miniatur ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa hobi mainan ini, hingga dgn terlibat dan memperbuat jual-beli, pergantian uang di usaha mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan transaksi positive jual belanja maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kraksaan

DIECAST MINIATUR MOBIL Kraksaan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs versi mini yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini bisa mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya mampu wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kraksaan
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa bersama berat menjadi tinggi, malahan amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau desain modeling tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kraksaan
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia gemar yg satu ini. Namun bagi orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini dpt menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu dpt kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa menghalangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai atau dari hanya doyan kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, sebagaimana saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kraksaan

DIECAST MINIATUR MOBIL Kraksaan

DIECAST MINIATUR MOBIL Kraksaan

LihatTutupKomentar