DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dengan mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias rupa yang diproduksi menerapkan metode die-casting, yg bermakna memakai operasi pelelehan metal alias logam untuk lantas dituang dengan dicetak sebati dengan model yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka
Bahan
Metal yg digunakan kebanyakan merupakan zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang regular menerapkan cara die casting umumnya yakni mainan tipe dgn ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sesungguhnya apapun bisa dibuat dengan proses ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dgn istilahnya, sebab mereka mampu serupa keracunan / addicted kalo sudah terjerembab cinta pd model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak care kalau diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mempunyai value ekonomi yang amat bagus bila kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh komplemen nafkah dari menekuni penghidupan modeling ini. Lebih-Lebih banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni hyn dari bisnis modeling ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu hobi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta melaksanakan jual-beli, pergantian uang di penghidupan mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi positif jual berbelanja maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini bisa menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka
Harga
Price juga sangat bervariasi serta cenderung menjadi tinggi, sampai-sampai amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan buat hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo tipe miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia doyan yang 1 ini. Tetapi buat orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai versi mini sanggup menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tidak perlu menyusahkan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai atau dari sekadar kesenangan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, serupa saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka

LihatTutupKomentar