DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama denger dong merk yg pertama... karena anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat bangunan alias supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias design yang diproduksi memakekan teknik die-casting, yg bermakna melalui prosedur pelelehan logam alias metal bagi selanjutnya dituang dengan dicetak sinkron dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka
Bahan
Logam yg dipakai umumnya ialah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang normal memakekan arahan die casting umumnya adalah mainan rupa dgn ukuran umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun dapat dibuat dgn metode ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak sangat perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup seperti keracunan / addicted jika sudah tersandung cinta pada desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak care kalau diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain nggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tapi memiliki price ekonomi yang sangat bagus kalo kita sanggup jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh komplemen gaji dari menekuni bisnis diecast ini. Bahkan byk yg bisa menghidupi keluarganya murni cukup dari usaha miniatur ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu hobi mainan ini, hingga dgn terlibat dengan melaksanakan jual-beli, sirkulasi uang di karier mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli positif jual beli maupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs modeling yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini dpt mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka
Harga
Value juga sangat bervariasi dengan miring menjelma tinggi, bahkan sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo model versi mini tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia demen yg 1 ini. Tetapi untuk orang semacam saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai versi mini sanggup berubah sangat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak usah memprovokasi kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai atau dari cuman kegemaran kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan prosedur apa kita kepingin menyikapinya, pengen memulainya, kepingin menekuninya, seperti penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka

DIECAST MINIATUR MOBIL Larantuka

LihatTutupKomentar