DIECAST MINIATUR MOBIL Lebak

DIECAST MINIATUR MOBIL Lebak

DIECAST MINIATUR MOBIL Lebak
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan denger dong merk yang pertama... krn anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat tempat tinggal dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias rupa yg diproduksi memakaikan proses die-casting, yang bermakna memakai operasi pelelehan metal alias logam untuk sesudahnya dituang dengan dicetak pantas dgn jenis yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lebak
Bahan
Logam yang dipake biasanya yaitu zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang lumrah memakekan cara die casting kebanyakan yaitu mainan jenis dengan ukuran perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun sanggup dirancang dgn tutorial ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak betul-betul perduli dgn istilahnya, karena mereka bisa semacam keracunan / addicted kalo sudah terjerembab cinta pada rupa tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern k'lo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain enggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun mendapatkan harga ekonomi yang sangat bagus kalau kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan lbh income dari menekuni pencaharian diecast ini. Lebih-Lebih banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni cuma dari bisnis diecast ini.

Kebetulan saya adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta menjalankan jual-beli, perputaran uang di karier mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi positif jual pesan maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lebak

DIECAST MINIATUR MOBIL Lebak

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs diecast yg dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini sanggup sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lebak
Harga
Value juga sangat berupa-rupa bersama menjurus menjelma tinggi, lebih-lebih amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika model modeling tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lebak
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia senang yg 1 ini. Namun untuk orang serupa saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai miniatur bisa menjelma amat menguntungkan. Utk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak pake mengganggu kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari semata-mata minat kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, semacam penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Lebak

DIECAST MINIATUR MOBIL Lebak

DIECAST MINIATUR MOBIL Lebak

LihatTutupKomentar