DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta dengar dong merk yang pertama... karna anak2 pria selalu merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain rupa yang diproduksi menerapkan proses die-casting, yg berarti lewat metode pelelehan logam dgn kata lain logam buat kemudian dituang & dicetak setakar dengan jenis yg diinginkan. Die-cast metal diurus dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara
Bahan
Logam yang dipegunakan biasanya ialah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg lazim menggunakan tutorial die casting kebanyakan yaitu mainan rupa dgn ukuran umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun dpt diproses dgn program ini.

Di atas adalah terma ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak sangat perduli dgn istilahnya, sebab mereka sanggup semacam keracunan / addicted kalo sudah terjerembab cinta pd desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak concern jika diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain enggak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi memiliki value ekonomi yang sangat bagus jika kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan pelengkap penghidupan dari menekuni profesi miniatur ini. Lebih-Lebih byk yang mampu menghidupi keluarganya murni cukup dari profesi diecast ini.

Kebetulan saya merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat beserta mengerjakan jual-beli, sirkulasi uang di usaha mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi positif jual berbelanja maupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs diecast yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini mampu sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa beserta cenderung menjadi tinggi, bahkan amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan buat hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo tipe miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia suka yg 1 ini. Tetapi utk orang seperti saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling mampu berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa mengacaukan kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuman doyan kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, mau memulainya, mau menekuninya, serupa saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu Utara

LihatTutupKomentar