DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain model yg diproduksi memakaikan bimbingan die-casting, yang berarti menggunakan teknik pelelehan metal alias logam untuk kemudian dituang bersama dicetak sebati dengan tampilan yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun
Bahan
Logam yang dipegunakan kebanyakan yaitu zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal atau pot metal. Mainan yg normal menggunakan cara die casting umumnya yaitu mainan jenis dgn ukuran ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun sanggup dikerjakan dengan panduan ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak berlebihan perduli dgn istilahnya, karena mereka dapat serupa keracunan / addicted k'lo udah terjerembab cinta pada design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak concern k'lo diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dengan kata lain enggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi memiliki value ekonomi yg sangat bagus kalau kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan tambahan mata pencaharian dari menekuni bisnis miniatur ini. Sampai-Sampai banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni hanya dari karier diecast ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu hobi mainan ini, hingga dengan terlibat bersama menjalani jual-beli, perpindahan uang di karier mainan modeling ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli positive jual beli ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs diecast yg dilelang, aliran uang yang terjadi di sini bisa sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun
Harga
Value juga amat berupa-rupa & miring menjadi tinggi, bahkan amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalo rupa diecast tertentu sedang naik daun serta menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia minat yg satu ini. Namun utk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai diecast dapat berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa utk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tanpa pakai menghalangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuman gemar kita bakal mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun

LihatTutupKomentar