DIECAST MINIATUR MOBIL Magelang

DIECAST MINIATUR MOBIL Magelang

DIECAST MINIATUR MOBIL Magelang
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat hunian alias supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain design yang diproduksi menggunakan tips die-casting, yg berarti memakai cara pelelehan logam alias metal bakal selanjutnya dituang & dicetak sesuai dgn model yang diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Magelang
Bahan
Logam yg dipegunakan umumnya ialah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg umum menggunakan proses die casting biasanya yakni mainan design dgn size misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun sanggup dibuat dgn pola ini.

Di atas yaitu nama ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak amat perduli dengan istilahnya, sebab mereka mampu serupa keracunan / addicted kalo sudah jatuh cinta pada rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak peduli jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dengan kata lain enggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu nama bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), namun mendapatkan price ekonomi yg sangat bagus jika kita sanggup jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan lbh pendapatan dari menekuni profesi versi mini ini. Terlebih banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni cukup dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat serta melakukan jual-beli, perpindahan uang di profesi mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli baik jual belanja maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Magelang

DIECAST MINIATUR MOBIL Magelang

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs miniatur yg dilelang, perpindahan uang yg terjadi di sini mampu mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Magelang
Harga
Nilai juga sangat beragam bersama miring menjelma tinggi, lebih-lebih sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau tipe miniatur tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pd perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Magelang
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Tetapi untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai versi mini bisa berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengacaukan kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai alias dari semata-mata doyan kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, serupa penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Magelang

DIECAST MINIATUR MOBIL Magelang

DIECAST MINIATUR MOBIL Magelang

LihatTutupKomentar