DIECAST MINIATUR MOBIL Mahakam Ulu

DIECAST MINIATUR MOBIL Mahakam Ulu

DIECAST MINIATUR MOBIL Mahakam Ulu
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau tipe yg diproduksi memakekan aturan die-casting, yang berarti lewat metode pelelehan logam dgn kata lain logam bakal lalu dituang dengan dicetak sesuai dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mahakam Ulu
Bahan
Logam yg dipakai biasanya merupakan zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yang regular menggunakan cara die casting biasanya merupakan mainan model dengan ukuran umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun dpt dibuat dengan cara ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, tetapi bagi para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak betul-betul perduli dgn istilahnya, karna mereka sanggup sebagaimana keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pada design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak peduli kalo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias tidak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), namun mempunyai nilai ekonomi yg sangat bagus kalo kita dapat jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan extra upah dari menekuni pekerjaan modeling ini. Malahan byk yang mampu menghidupi keluarganya murni sekadar dari karier diecast ini.

Kebetulan saya yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi hobi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta mengerjakan jual-beli, aliran uang di usaha mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli positive jual beli maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mahakam Ulu

DIECAST MINIATUR MOBIL Mahakam Ulu

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yg dilelang, perpindahan uang yang terjadi di sini dapat menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya mampu wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mahakam Ulu
Harga
Harga juga sangat bervariasi dan mengarah berubah tinggi, terlebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau jenis modeling tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mahakam Ulu
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kesukaan yang satu ini. Namun bagi orang seperti saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling mampu menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai menggerecoki kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari hanya gemar kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, kepingin menekuninya, semacam saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mahakam Ulu

DIECAST MINIATUR MOBIL Mahakam Ulu

DIECAST MINIATUR MOBIL Mahakam Ulu

LihatTutupKomentar