DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Tengah
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau beserta dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat permukiman atau supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau model yg diproduksi memakekan strategi die-casting, yg berarti memakai operasi pelelehan logam atau logam bagi setelah itu dituang serta dicetak pantas dengan rupa yang diinginkan. Die-cast metal dibuat dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Tengah
Bahan
Logam yang diperlukan biasanya merupakan zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yang umum menerapkan tata cara die casting biasanya ialah mainan jenis dgn skala perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sedianya apapun dapat dibuat dengan teknik ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak berlebihan perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup seperti keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pd design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak concern bila diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias tidak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), namun memiliki harga ekonomi yg sangat bagus kalau kita dpt jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan lbh salary dari menekuni pencaharian modeling ini. Malahan byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni hanya dari karier modeling ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat dengan melaksanakan jual-beli, sirkulasi uang di pencaharian mainan modeling ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual beli ataupun lelang yg nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Tengah

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs modeling yang dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini dapat menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Tengah
Harga
Harga juga amat beragam & condong berubah tinggi, bahkan amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo jenis diecast tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Tengah
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia demen yang 1 ini. Tapi bagi orang serupa saya, yg seorang kolektor, hobi ini, mencintai diecast dapat berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun minus menyusahkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak prospek dari hal-hal yang kita sukai atau dari semata-mata kesukaan kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, mau memulainya, mau menekuninya, sebagaimana saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Tengah

DIECAST MINIATUR MOBIL Mamberamo Tengah

LihatTutupKomentar