DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan denger dong merk yang pertama... sebab anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket besar di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dgn kata lain desain yang diproduksi memakekan arahan die-casting, yg bermakna menggunakan proses pelelehan logam atau logam buat sesudahnya dituang serta dicetak sinkron dengan tipe yg diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan
Bahan
Logam yang digunakan kebanyakan ialah zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yg regular menerapkan tata cara die casting umumnya yaitu mainan desain dgn skala ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun mampu dibuat dgn sistem ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, namun buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak kelewat perduli dengan istilahnya, krn mereka dapat seperti keracunan / addicted bila sudah tersandung cinta pd desain tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak peduli jika miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias enggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), namun mendapatkan harga ekonomi yg sangat bagus k'lo kita dapat jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima extra honor dari menekuni profesi miniatur ini. Terlebih byk yg dapat menghidupi keluarganya murni cukup dari pekerjaan versi mini ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat bersama melakukan jual-beli, sirkulasi uang di karier mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs versi mini yang dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini dpt sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya mampu wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan
Harga
Nilai juga amat bermacam-macam dan menjurus menjadi tinggi, sampai-sampai sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo model versi mini tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia senang yg satu ini. Tetapi utk orang serupa saya, yg seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai miniatur dpt berubah amat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa menghalangi kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kans dari hal-hal yang kita sukai atau dari cuman gemar kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan manual apa kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, kepingin menekuninya, semacam saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Marabahan

LihatTutupKomentar