DIECAST MINIATUR MOBIL Masamba

DIECAST MINIATUR MOBIL Masamba

DIECAST MINIATUR MOBIL Masamba
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama dengar dong merk yang pertama... krn anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias model yang diproduksi memakekan proses die-casting, yg berarti melalui prosedur pelelehan metal dgn kata lain logam untuk lantas dituang serta dicetak sebati dgn rupa yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Masamba
Bahan
Logam yang digunakan kebanyakan yaitu zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yg lazim menggunakan strategi die casting kebanyakan ialah mainan jenis dgn ukuran misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun dpt dirancang dengan strategi ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak sangat perduli dgn istilahnya, krn mereka dpt sebagaimana keracunan / addicted k'lo udah tersandung cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak concern kalo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu istilah buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tapi mendapatkan nilai ekonomi yang sangat bagus kalo kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari menekuni pencaharian diecast ini. Lebih-Lebih banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni sekadar dari usaha modeling ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa hobi mainan ini, hingga dgn terlibat serta menjalani jual-beli, perputaran uang di pencaharian mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli positive jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Masamba

DIECAST MINIATUR MOBIL Masamba

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs versi mini yg dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini dapat sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Masamba
Harga
Price juga sangat berupa-rupa dan condong berubah tinggi, bahkan amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo design diecast tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu berubah melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Masamba
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia doyan yang 1 ini. Tapi untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai miniatur dpt menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn minus menggerecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuman kegemaran kita untuk mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, seperti saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.


DIECAST MINIATUR MOBIL Masamba

DIECAST MINIATUR MOBIL Masamba

LihatTutupKomentar