DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Enim

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Enim

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Enim
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama dengar dong merk yg pertama... krn anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat rumah dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias desain yg diproduksi menggunakan pola die-casting, yang berarti melalui cara pelelehan metal alias logam utk sesudahnya dituang dan dicetak bertimbal dgn model yang diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Enim
Bahan
Metal yg digunakan umumnya merupakan zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yang standar memakekan sistem die casting kebanyakan yakni mainan design dengan size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun dapat dibuat dengan cara ini.

Di atas yaitu terma ilmiahnya, namun untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak terlalu perduli dengan istilahnya, karena mereka bisa semacam keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pada model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak care k'lo diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, dgn kata lain tidak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tapi memperoleh nilai ekonomi yang sangat bagus kalau kita sanggup jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan lebih salary dari menekuni bisnis miniatur ini. Sampai-Sampai byk yg dpt menghidupi keluarganya murni cuman dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan penulis yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menggemari mainan ini, hingga dengan terlibat dengan menjalani jual-beli, rotasi uang di pekerjaan mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual membeli ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Enim

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Enim

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yang dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini dapat sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya bisa wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Enim
Harga
Harga juga amat berupa-rupa dan miring menjelma tinggi, terlebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika rupa miniatur tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Enim
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia doyan yang 1 ini. Tetapi bakal orang serupa saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai miniatur bisa berubah sangat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu merecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari semata-mata minat kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Enim

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Enim

DIECAST MINIATUR MOBIL Muara Enim

LihatTutupKomentar