DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau beserta dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dgn kata lain tipe yang diproduksi memakaikan tutorial die-casting, yang bermakna melalui teknik pelelehan logam atau logam utk kemudian dituang dan dicetak sesuai dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid
Bahan
Metal yang digunakan kebanyakan yaitu zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yang standar menggunakan prosedur die casting kebanyakan merupakan mainan model dgn size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun sanggup diproduksi dengan manual ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak betul-betul perduli dengan istilahnya, krn mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted jika sudah terjerembab cinta pd design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak concern jika miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain tak rasional buat orang pada umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah buat para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mempunyai nilai ekonomi yg sangat bagus kalau kita dapat jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima pelengkap upah dari menekuni pekerjaan versi mini ini. Bahkan banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni hanya dari usaha miniatur ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu hobi mainan ini, sampai dgn terlibat beserta melaksanakan jual-beli, rotasi uang di profesi mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual membeli ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs miniatur yg dilelang, perputaran uang yang terjadi di sini dpt sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa bersama menjurus menjelma tinggi, terlebih amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo desain modeling tertentu sedang naik daun & menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia senang yang 1 ini. Namun bakal orang serupa saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai diecast dpt berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak pake mengaduhkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai atau dari semata-mata doyan kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, mau memulainya, pengen menekuninya, semacam penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid

DIECAST MINIATUR MOBIL Mungkid

LihatTutupKomentar