DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & mendegar dong merk yang pertama... karna anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat bangunan dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain design yg diproduksi menggunakan aturan die-casting, yg bermakna menggunakan teknik pelelehan metal atau metal bagi setelah itu dituang bersama dicetak sebati dgn bentuk yg diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire
Bahan
Logam yang digunakan kebanyakan yakni zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yg umum memakaikan tips die casting kebanyakan adalah mainan model dgn skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun dpt diurus dengan teknik ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, tetapi utk para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak amat perduli dgn istilahnya, karna mereka dpt seperti keracunan / addicted k'lo udah terjerembab cinta pada desain tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak peduli bila miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dengan kata lain enggak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan bakal para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), namun mempunyai harga ekonomi yg sangat bagus bila kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa menemukan tambahan mata pencaharian dari menekuni penghidupan versi mini ini. Bahkan banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni cukup dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat serta melaksanakan jual-beli, rotasi uang di karier mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli positif jual membeli maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalankan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs miniatur yg dilelang, aliran uang yg terjadi di sini dapat menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya dpt wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire
Harga
Value juga amat bermacam-macam & menjurus menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau jenis miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Diecast yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia demen yang satu ini. Tapi utk orang semacam saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai modeling sanggup menjelma amat menguntungkan. Bagi item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuma kesukaan kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan bimbingan apa kita hendak menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, serupa saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire

DIECAST MINIATUR MOBIL Nabire

LihatTutupKomentar