DIECAST MINIATUR MOBIL Pacar Keling

DIECAST MINIATUR MOBIL Pacar Keling

DIECAST MINIATUR MOBIL Pacar Keling
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau & dengar dong merk yg pertama... karena anak2 cowok selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat permukiman alias supermarket-supermarket besar di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain desain yg diproduksi memakekan bimbingan die-casting, yg bermakna melalui metode pelelehan metal dengan kata lain logam utk setelah itu dituang & dicetak bertimbal dengan model yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pacar Keling
Bahan
Logam yang dipegunakan lazimnya merupakan zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam atau pot metal. Mainan yg regular menerapkan bimbingan die casting biasanya adalah mainan rupa dengan ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sedianya apapun bisa diproduksi dgn petunjuk ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak banget perduli dengan istilahnya, karena mereka dapat semacam keracunan / addicted kalo sudah terjerembab cinta pd jenis tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak care bila miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias tidak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun mempunyai nilai ekonomi yg amat bagus kalau kita dapat jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima komplemen nafkah dari menekuni pekerjaan modeling ini. Bahkan banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, hingga dengan terlibat bersama memperbuat jual-beli, perputaran uang di usaha mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan jual/beli baik jual berbelanja maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pacar Keling

DIECAST MINIATUR MOBIL Pacar Keling

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs modeling yang dilelang, liquiditas uang yg terjadi di sini dpt sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pacar Keling
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa bersama mengarah menjadi tinggi, malahan amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau model versi mini tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dpt menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pacar Keling
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia gemar yang 1 ini. Namun bakal orang semacam saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai miniatur bisa berubah amat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus menghalangi kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari hyn gemar kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pacar Keling

DIECAST MINIATUR MOBIL Pacar Keling

DIECAST MINIATUR MOBIL Pacar Keling

LihatTutupKomentar