DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau dan mendegar dong merk yang pertama... sebab anak2 cowok senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat tempat tinggal atau supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias desain yg diproduksi memakekan proses die-casting, yang bermakna memakai prosedur pelelehan logam atau metal untuk lalu dituang & dicetak pantas dgn model yg diinginkan. Die-cast metal dibuat dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan
Bahan
Logam yg dipegunakan biasanya merupakan zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal alias pot metal. Mainan yg jamak menggunakan cara die casting lazimnya adalah mainan tipe dengan size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun dapat dibuat dengan strategi ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dengan istilahnya, sebab mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pada model tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak care kalau versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan nama bakal para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), tetapi memperoleh nilai ekonomi yang amat bagus kalau kita sanggup jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh komplemen pendapatan dari menekuni bisnis modeling ini. Sampai-Sampai byk yg dpt menghidupi keluarganya murni cukup dari bisnis versi mini ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat bersama melakukan jual-beli, perpindahan uang di karier mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli positive jual pesan maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs modeling yang dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini dpt menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan
Harga
Harga juga amat berupa-rupa bersama miring menjadi tinggi, malahan sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan utk hotwheels bersama lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo design modeling tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia hobi yg 1 ini. Tapi buat orang seperti saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini mampu menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bakal weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak pake mengacaukan kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk potensi dari hal-hal yang kita sukai atau dari hanya demen kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pamekasan

LihatTutupKomentar