DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau serta mendegar dong merk yang pertama... karena anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat kediaman atau supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau desain yang diproduksi menerapkan program die-casting, yg berarti lewat proses pelelehan metal dgn kata lain metal untuk lalu dituang serta dicetak sesuai dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi
Bahan
Metal yang dipakai lazimnya adalah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam alias pot metal. Mainan yg lazim memakekan program die casting umumnya merupakan mainan rupa dengan size perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sebenarnya apapun mampu diciptakan dengan tutorial ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak sangat perduli dengan istilahnya, sebab mereka dapat seperti keracunan / addicted kalo udah jatuh cinta pada model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak peduli kalo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias tak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan utk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memiliki value ekonomi yg sangat bagus k'lo kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan komplemen upah dari menekuni bisnis miniatur ini. Lebih-Lebih byk yang dapat menghidupi keluarganya murni cuman dari usaha diecast ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat dengan memperbuat jual-beli, pertukaran uang di karier mainan diecast ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi baik jual belanja maupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo 5000 pcs diecast yang dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini bisa sampai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi
Harga
Price juga sangat beragam beserta condong menjadi tinggi, sampai-sampai amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau rupa diecast tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia gemar yang satu ini. Namun utk orang seperti saya, yang seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai modeling sanggup menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai merongrong kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai atau dari cuman kesenangan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita hendak menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, semacam penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

LihatTutupKomentar