DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau beserta dengar dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat hunian dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias tipe yang diproduksi menerapkan cara die-casting, yang berarti lewat operasi pelelehan metal dgn kata lain metal untuk lantas dituang serta dicetak sinkron dgn rupa yang diinginkan. Die-cast logam diurus dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi
Bahan
Metal yg diperlukan kebanyakan ialah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yg umum memakaikan pola die casting umumnya adalah mainan design dgn skala contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebetulnya apapun dpt diciptakan dengan manual ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dengan istilahnya, karena mereka bisa semacam keracunan / addicted kalo udah tersandung cinta pd model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak concern k'lo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias tidak rasional bakal orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tapi mendapatkan nilai ekonomi yg sangat bagus k'lo kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan extra penghasilan dari menekuni bisnis diecast ini. Terlebih byk yang dapat menghidupi keluarganya murni hanya dari profesi versi mini ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selama menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat & memperbuat jual-beli, aliran uang di pencaharian mainan miniatur ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan jual/beli positive jual belanja ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs versi mini yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini sanggup mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi
Harga
Price juga amat beragam dan miring berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi jika rupa modeling tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia hobi yg satu ini. Namun untuk orang semacam saya, yg seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai versi mini dapat menjelma amat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun minus mengusik kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai alias dari cuman doyan kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita mau menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, semacam saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

DIECAST MINIATUR MOBIL Parigi

LihatTutupKomentar