DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan mendegar dong merk yg pertama... krn anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat gedung dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain tipe yg diproduksi memakaikan manual die-casting, yg bermakna melalui cara pelelehan logam atau logam utk lalu dituang serta dicetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali
Bahan
Logam yang dipakai rata-rata yaitu zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg jamak memakaikan kaidah die casting biasanya yaitu mainan desain dengan skala umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebetulnya apapun dapat diciptakan dengan strategi ini.

Di atas ialah terma ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak kelewat perduli dgn istilahnya, krn mereka dpt serupa keracunan / addicted kalau udah tersandung cinta pada rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak peduli jika diecast incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi mempunyai value ekonomi yang amat bagus bila kita dpt jeli melihat peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima pelengkap gaji dari menekuni bisnis modeling ini. Terlebih banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni hyn dari penghidupan diecast ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat & melaksanakan jual-beli, peredaran uang di bisnis mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 jam ada ratusan transaksi positive jual membeli ataupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs versi mini yang dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini sanggup mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa & condong menjadi tinggi, malahan sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan untuk hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika design diecast tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia doyan yg satu ini. Tetapi bagi orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, doyan ini, mencintai diecast bisa berubah amat menguntungkan. Bagi item tertentu dpt kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah mengusik kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak prospek dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari cuma gemar kita buat mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, kepingin menekuninya, seperti penulis & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali

DIECAST MINIATUR MOBIL Polewali

LihatTutupKomentar