DIECAST MINIATUR MOBIL Prabumulih

DIECAST MINIATUR MOBIL Prabumulih

DIECAST MINIATUR MOBIL Prabumulih
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan denger dong merk yang pertama... karna anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat tempat tinggal dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dgn kata lain rupa yg diproduksi menerapkan sistem die-casting, yang berarti lewat proses pelelehan metal dengan kata lain metal buat lantas dituang dengan dicetak bertimbal dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast logam diproses dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Prabumulih
Bahan
Metal yg dipakai rata-rata adalah zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam alias pot metal. Mainan yang umum memakekan langkah die casting kebanyakan merupakan mainan tipe dgn size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun dapat dibuat dgn tips ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, krn mereka dpt serupa keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pada tipe tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak care kalo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain tidak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah bagi para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi memperoleh value ekonomi yang amat bagus bila kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menemukan lbh penghasilan dari menekuni pencaharian versi mini ini. Sampai-Sampai banyak yang mampu menghidupi keluarganya murni cuman dari pencaharian modeling ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat bersama melakukan jual-beli, rotasi uang di profesi mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi positive jual pesan maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Prabumulih

DIECAST MINIATUR MOBIL Prabumulih

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs modeling yang dilelang, sirkulasi uang yg terjadi di sini bisa mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Prabumulih
Harga
Harga juga amat berupa-rupa & menjurus berubah tinggi, malahan amat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan buat hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila jenis diecast tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup berubah melambung harganya. Pada acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Prabumulih
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia hobi yg 1 ini. Tetapi utk orang semacam saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai miniatur sanggup menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengganggu kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak kans dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari semata-mata kegemaran kita buat mendatangkan uang, tinggal gimana kita pengen menyikapinya, hendak memulainya, ingin menekuninya, seperti penulis bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Prabumulih

DIECAST MINIATUR MOBIL Prabumulih

DIECAST MINIATUR MOBIL Prabumulih

LihatTutupKomentar