DIECAST MINIATUR MOBIL Pucangsewu

DIECAST MINIATUR MOBIL Pucangsewu

DIECAST MINIATUR MOBIL Pucangsewu
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat permukiman alias supermarket-supermarket besar di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau desain yang diproduksi memakekan kaidah die-casting, yang bermakna menggunakan teknik pelelehan logam dengan kata lain metal buat kemudian dituang serta dicetak sebati dengan jenis yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pucangsewu
Bahan
Metal yang dipegunakan kebanyakan adalah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam atau pot metal. Mainan yang standar menerapkan tutorial die casting umumnya ialah mainan tipe dengan size perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun sanggup diciptakan dgn tips ini.

Di atas yakni sebutan ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak terlalu perduli dengan istilahnya, sebab mereka dapat semacam keracunan / addicted bila sudah tersandung cinta pd desain tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak concern jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn value selangit, dgn kata lain tak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi memperoleh price ekonomi yang sangat bagus bila kita bisa jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan extra penghasilan dari menekuni bisnis diecast ini. Malahan banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni hyn dari profesi diecast ini.

Kebetulan saya ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat & memperbuat jual-beli, aliran uang di pekerjaan mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap 24 hour ada ratusan transaksi bagus jual berbelanja maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pucangsewu

DIECAST MINIATUR MOBIL Pucangsewu

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs diecast yang dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini bisa sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pucangsewu
Harga
Harga juga amat berupa-rupa & condong menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo jenis miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjadi incaran para kolektor, harganya bisa berubah ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pucangsewu
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia kesukaan yang satu ini. Tetapi untuk orang serupa saya, yg seorang kolektor, suka ini, mencintai diecast dpt menjadi sangat menguntungkan. Bagi item tertentu mampu kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai mengusik kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai atau dari cuma kegemaran kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pucangsewu

DIECAST MINIATUR MOBIL Pucangsewu

DIECAST MINIATUR MOBIL Pucangsewu

LihatTutupKomentar