DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan dengar dong merk yang pertama... karena anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat rumah dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan dgn kata lain jenis yang diproduksi menerapkan arahan die-casting, yang berarti menggunakan operasi pelelehan metal dgn kata lain metal bakal sesudahnya dituang dengan dicetak pantas dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari logam (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai
Bahan
Logam yang dipake umumnya yaitu zamak (mazak) yang yakni alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg regular menerapkan aneka tips die casting lazimnya ialah mainan jenis dgn ukuran contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun dapat diproses dgn teknik ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlalu perduli dengan istilahnya, krn mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pd jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak care jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dengan kata lain enggak rasional buat orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah terma utk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tapi memiliki price ekonomi yg sangat bagus kalau kita dapat jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup mendapatkan extra income dari menekuni profesi modeling ini. Malahan byk yang bisa menghidupi keluarganya murni hyn dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat dan mengerjakan jual-beli, pertukaran uang di bisnis mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi positif jual berbelanja ataupun lelang yang nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs miniatur yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini bisa menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai
Harga
Price juga amat beragam serta miring menjadi tinggi, malahan sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan utk hotwheels dengan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau model modeling tertentu sedang naik daun bersama menjadi incaran para kolektor, harganya sanggup berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia demen yang satu ini. Tapi untuk orang seperti saya, yg seorang kolektor, senang ini, mencintai diecast bisa menjadi amat menguntungkan. Utk item tertentu dpt kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya bisa bagi weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak pake menggerecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai atau dari hanya minat kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, pengen memulainya, mau menekuninya, semacam saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai

DIECAST MINIATUR MOBIL Pulau Morotai

LihatTutupKomentar