DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dengan dengar dong merk yang pertama... krn anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat kediaman alias supermarket-supermarket besar di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau rupa yg diproduksi menggunakan program die-casting, yg bermakna melalui cara pelelehan logam atau metal bagi kemudian dituang serta dicetak pantas dgn jenis yang diinginkan. Die-cast logam dirancang dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan
Bahan
Logam yang diperlukan lazimnya ialah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal alias pot metal. Mainan yang lazim memakekan aturan die casting kebanyakan yaitu mainan rupa dgn size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebenarnya apapun sanggup dikerjakan dengan tips-tips ini.

Di atas ialah istilah ilmiahnya, namun bagi para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak amat perduli dengan istilahnya, karena mereka sanggup seperti keracunan / addicted jika udah terjerembab cinta pd desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak peduli jika diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain tidak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memiliki value ekonomi yg sangat bagus bila kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt mendapatkan extra penghasilan dari menekuni pencaharian modeling ini. Bahkan banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni cuma dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat beserta melaksanakan jual-beli, rotasi uang di usaha mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yang penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi bagus jual beli maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan atau sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs miniatur yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini mampu mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya dapat wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan
Harga
Nilai juga amat berupa-rupa bersama mengarah menjelma tinggi, lebih-lebih amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila model diecast tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti sanggup menjelma melambung harganya. Pd hajatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Tapi bagi orang seperti saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai modeling sanggup berubah amat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bakal weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai merecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yg kita sukai dengan kata lain dari sekadar kegemaran kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita ingin menyikapinya, ingin memulainya, hendak menekuninya, serupa saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Ratahan

LihatTutupKomentar