DIECAST MINIATUR MOBIL Sentani

DIECAST MINIATUR MOBIL Sentani

DIECAST MINIATUR MOBIL Sentani
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama dengar dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dengan kata lain model yang diproduksi menerapkan pola die-casting, yang bermakna melalui proses pelelehan logam dengan kata lain metal bakal lantas dituang serta dicetak sinkron dengan jenis yang diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sentani
Bahan
Metal yg digunakan umumnya merupakan zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang lumrah memakaikan tips-tips die casting rata-rata merupakan mainan tipe dengan skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun sanggup diciptakan dgn teknik ini.

Di atas adalah sebutan ilmiahnya, namun bakal para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak banget perduli dgn istilahnya, sebab mereka bisa semacam keracunan / addicted bila sudah terjerembab cinta pada jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling enggak care k'lo miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dgn kata lain tak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah sebutan bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tetapi mendapatkan nilai ekonomi yang amat bagus k'lo kita sanggup jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan komplemen nafkah dari menekuni usaha modeling ini. Malahan byk yang dpt menghidupi keluarganya murni cuma dari karier modeling ini.

Kebetulan saya yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat dan menjalankan jual-beli, aliran uang di profesi mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli bagus jual pesan ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sentani

DIECAST MINIATUR MOBIL Sentani

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs miniatur yg dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini mampu sampai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sentani
Harga
Value juga amat bervariasi dengan berat menjadi tinggi, lebih-lebih amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai diecast gantungan (sebutan bakal hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo tipe miniatur tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Diecast yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sentani
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kegemaran yang satu ini. Namun buat orang serupa saya, yg seorang kolektor, hobi ini, mencintai diecast dpt menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai merintangi kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak probabilitas dari hal-hal yg kita sukai atau dari hyn doyan kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, ingin memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sentani

DIECAST MINIATUR MOBIL Sentani

DIECAST MINIATUR MOBIL Sentani

LihatTutupKomentar