DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau & denger dong merk yang pertama... krn anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat kediaman atau supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau jenis yg diproduksi menerapkan manual die-casting, yang bermakna menggunakan prosedur pelelehan metal atau metal utk kemudian dituang & dicetak serasi dgn tampilan yang diinginkan. Die-cast metal dikerjakan dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Bahan
Metal yang digunakan umumnya ialah zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg standar menggunakan pola die casting lazimnya merupakan mainan rupa dengan ukuran ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun dpt diproduksi dgn langkah ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak terlampau perduli dengan istilahnya, karena mereka mampu semacam keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pada desain tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak concern k'lo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dengan kata lain tak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol yakni nama utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), namun memperoleh nilai ekonomi yang amat bagus jika kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan tambahan income dari menekuni penghidupan miniatur ini. Bahkan banyak yg dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama hobi mainan ini, sampai dengan terlibat serta melakukan jual-beli, pergantian uang di bisnis mainan miniatur ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan transaksi baik jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs miniatur yang dilelang, liquiditas uang yang terjadi di sini bisa sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya dpt wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Harga
Price juga amat bermacam-macam & berat berubah tinggi, sampai-sampai amat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo design miniatur tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia suka yg 1 ini. Tetapi buat orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai miniatur mampu menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu mengacaukan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari cuma kesenangan kita bakal mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita pengen menyikapinya, ingin memulainya, kepingin menekuninya, serupa penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

LihatTutupKomentar