DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau beserta dengar dong merk yang pertama... krn anak2 cowo senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat hunian atau supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau tipe yg diproduksi memakekan prosedur die-casting, yg bermakna menggunakan metode pelelehan logam dgn kata lain logam bagi lantas dituang beserta dicetak setakar dengan model yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Bahan
Logam yang dipake rata-rata merupakan zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang umum menggunakan teknik die casting biasanya ialah mainan model dgn skala misalnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebenarnya apapun dpt dirancang dengan prosedur ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak kelewat perduli dgn istilahnya, karena mereka dapat seperti keracunan / addicted kalo udah terjerembab cinta pd model tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling tidak care k'lo modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias tak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol merupakan terma bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tetapi memiliki harga ekonomi yg sangat bagus k'lo kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup memperoleh lbh penghidupan dari menekuni profesi miniatur ini. Bahkan byk yang mampu menghidupi keluarganya murni semata-mata dari pencaharian versi mini ini.

Kebetulan penulis merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat serta melaksanakan jual-beli, aliran uang di usaha mainan diecast ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, setiap hari ada ratusan jual/beli positif jual membeli maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs miniatur yg dilelang, rotasi uang yang terjadi di sini sanggup mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual belanja langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Harga
Price juga sangat beragam beserta cenderung menjadi tinggi, bahkan sangat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo rupa diecast tertentu sedang naik daun bersama menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia doyan yang satu ini. Tetapi bagi orang semacam saya, yg seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai diecast mampu menjelma sangat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun tidak perlu menggerecoki kas primer keluarga...he2...

Nah, sedianya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari semata-mata minat kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan proses apa kita mau menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, sebagaimana penulis dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

DIECAST MINIATUR MOBIL Seruyan

LihatTutupKomentar