DIECAST MINIATUR MOBIL Sleman

DIECAST MINIATUR MOBIL Sleman

DIECAST MINIATUR MOBIL Sleman
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta dengar dong merk yang pertama... krn anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat gedung alias supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau tipe yg diproduksi menerapkan manual die-casting, yang bermakna menggunakan metode pelelehan logam dgn kata lain metal buat lalu dituang & dicetak setakar dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sleman
Bahan
Logam yang diperlukan kebanyakan merupakan zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam alias pot metal. Mainan yang lazim menerapkan tips die casting umumnya merupakan mainan desain dengan size contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun sanggup diproduksi dgn teknik ini.

Di atas adalah istilah ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak sangat perduli dgn istilahnya, krn mereka dapat semacam keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tidak care jika modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dgn kata lain tak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bagi para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), namun mempunyai nilai ekonomi yg sangat bagus kalo kita dpt jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa mendapatkan komplemen salary dari menekuni bisnis versi mini ini. Sampai-Sampai byk yang dapat menghidupi keluarganya murni hyn dari bisnis diecast ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat serta menjalankan jual-beli, aliran uang di pencaharian mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli baik jual beli maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sleman

DIECAST MINIATUR MOBIL Sleman

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs modeling yang dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini dapat mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya dpt wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sleman
Harga
Value juga amat bermacam-macam dengan miring menjelma tinggi, bahkan sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan utk hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika design diecast tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sleman
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia gemar yg 1 ini. Namun untuk orang serupa saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai miniatur mampu berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup buat weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa mengganggu kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hyn senang kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan teknik apa kita kepingin menyikapinya, hendak memulainya, hendak menekuninya, seperti penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Sleman

DIECAST MINIATUR MOBIL Sleman

DIECAST MINIATUR MOBIL Sleman

LihatTutupKomentar